lantai kayu

Lantai Kayu : Material terbaik untuk Hunian yang lebih Sehat

Memiliki hunian yang asri dan cantik dengan thema naturalis merupakan dambaan bagi para pemilik hunian, apalagi hunian tersebut dilengkapi dengan material interior dan eksterior yang mumpuni.

Berbagai macam kebutuhan interior memang wajib dan tidak boleh dianggap remeh, seperti halnya interior lantai. Mungkin sebagian orang, lantai hanya interior pijakan saja ,agar lantai bersih dan nyaman.

Namun tidak hanya itu saja, melainkan pemanfaatan material yang tepat bisa membuat lantai menjadi nilai positif untuk beberapa aspek lebih, seperti kesehatan, kenyaman dan kehangatan bagi area dan para penghuninya.

Kayu menjadi salah satu material yang bisa Anda andalkan untuk kebutuhan tersebut, apalagi jika digunakan untuk material lantai kayu. Lalu, apa saja keunggulan dari lantai kayu? Berikut informasinya :

Apa itu Lantai Kayu?

Lantai kayu merupakan material lantai yang terbuat dari kayu solid utuh yang dibentuk menjadi parquet. Lantai kayu menjadi tren atau material populer pada saat ini, karena memiliki beragam keunggulan dengan spesifikasi kayu yang berbeda.

Lantai kayu terdiri dari beberapa jenis kayu yang bisa Anda pilih sesuai selera yang Anda inginkan, hal ini bukan menjadi nilai minus untuk material interior, melainkan dengan banyaknya pilihan jenis kayu. Menjadikan Anda dapat memilih sesuai selera yang Anda inginkan.

Jenis – Jenis kayu terbaik untuk Lantai

Jenis kayu yang digunakanpun tidak sembarangan, melainkan jenis kayu yang sudah diuji dengan berbagai macam uji coba. Hal ini bertujuan agar penggunaan material lantai tidak menjadi berbahaya.

Jenis jenis kayu yang bisa Anda gunaka ilah :

  • Lantai Kayu Jati ( Indoor )
  • Lantai Kayu Merbau ( Indoor/outdoor )
  • Lantai kayu Keruing ( Outdoor )
  • Lantai kayu Ulin ( Outdoor )
  • Lantai Kayu Bengkirai ( Outdoor )

Tidak semua jenis kayu yang disebutkan bisa digunakan untuk area outdoor, melainkan hanya untuk indoor saja, karena lantai kayu yang berbeda, hal tersebut diketahui dari kelas Awet dan kerasnya.

Lantai kayu biasanya digunakan dengan jenis kayu yang memiliki tingkat keras dan awetnya di kelas I hingga III. Kelas tersebut dikira sangat pas dan aman untuk penggunaan interior dan eksterior.

Lalu, bagaiamana dengan Kelebihan dan Kekurangannya?

Tentunya hal yang harus Anda ketahui ialah kelebihan dan kekuranganya, karena material kayu walaupun memiliki tingkat keras yang tinggi, tentunya tidak sempurna. Melainkan ada kekurangannya juga, berikut informasinya :

Plus dan Minus Lantai Kayu

Berikut beberapa plus dan minus jika Anda menggunakan material kayu untuk interior hunian, tentunya plus dan minus yang akan kami sampaikan, menggunakan pengalaman dari bererapa pemilik hunian yang sudah menggunakan material satu ini :

Keunggulan Lantai Kayu

1. Memiliki daya tahan yang panjang

Salah satu keunggulan yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan lantai kayu ialah memiliki durabilitas yang panjang, hal ini dibuktikan dari kayu ulin yang dapat bertahan hingga ratusan tahun.

Tentunya dengan menggunakan material lantai yang awet, dapat menghemat pengeluaran anda terkait material hunian karena Anda tidak perlu mengganti – ganti material lantai untuk setiap tahunnya.

2. Memiliki Tampilan yang Mewah dan Natural

Keunggulan yang bisa Anda dapatkan selain keawetan ialah Tampilan lantai yang dapat mengsegarkan Mata, karena hampir semua jenis kayu untuk lantai memiliki serat warna yang khas dan cantik, hal ini bermaksud untuk memberikan nilai estetika yang lebih untuk Hunian.

Apalagi, serat warna dari kayu yang tidak bisa diduplikat karena warna dan serat akan terlihat natural dan asri, bahkan jika ditempatkan dimanapun Lantai kayu akan tetap terlihat cantik.

3. Tahan terhadap Hama Rayap dan Jamur

Jenis kayu yang disebutkan sebelumnya merupakan jenis kayu yang memiliki senyawa minyak yang baik untuk pencegahan hama hama pada kayu seperti rayap dan jamur, maka dari itu jika Anda menggunakan material kayu jenis tersebut, anda tidak perlu menggunakan pelapis anti hama dan jamur kembali.

Menggunakan interior dan material yang memiliki keunggulan anti hama sangatlah berguna untuk kualitas kayu karena tidak menyebabkan kerusakan atau menyebabkan kayu keropos. Maka dari itu, jika Anda ingin menggunakan lantai kayu, gunakanlah jenis kayu yang sudah direkomendasikan.

4. Ramah dan Mudah perawatan

Beberapa jenis material lantai mungkin memiliki perawatan yang cukup ribet bahkan memakan banyak waktu, tapi tidak dengan material lantai kayu. Perawatan lantai kayu terbilang cukup mudah dan tidak rumit, dikarenakan Anda hanya perlu membersihkan lantai secara rutin menggunakan sapu.

Hal yang harus diingat ialah, lantai kayu tidak tahan terhadap endapan air, hal itu dikarenakan lantai kayu harus sesegera mungkin dikeringkan jika ada endapan air yang tumpah di lantai kayu.

Tentunya tidak hanya kelebihan saja yang harus Anda ketahui, melainkan Anda dapat mengetahui juga mengenai kekurangan atau kelemahan dari lantai kayu, berikut informasinya :

Kelemahan Lantai Kayu

1. Tidak tahan terhadap air

Salah satu kelemahan dari lantai kayu ialah tidak tahan terhadap air, tapi hal itu dikhususkan untuk jenis kayu Indoor, namun untuk jenis kayu outdoor seperti ulin, bengkirai, keruing dan merbau.

Jenis tersebut tahan terhadap beragam cuaca. Maka dari itu penggunaan lantai outdoor ( decking ) dikhususkan untuk menggunakan jenis kayu anti air Mungkin kelemahan dari lantai kayu hanya segitu yang harus Anda ketahui, untuk itu rawat lantai kayu secara rutin.

Jadi, Jenis kayu mana yang akan Anda gunakan untuk area hunian? Demikian informasi yang bisa disampaikan, terimakasih telah membaca artikel ini hingga tuntas. Tentunya, gunakan lantai kayu solid bukan lantai kayu tiruan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *